Artikel Tak Terlupakan

Tak kenal maka tak sayang. Kalau dalam hal blogging, menulis adalah salah satu cara agar orang mengenal, bahkan mengingat, nama Anda dengan jelas dan pasti. Kegiatan ini banyak manfaatnya. Selain memperluas social circle, juga menambah kepercayaan diri si penulis. Sayangnya banyak artikel yang numpang publish lalu menghilang entah gimana kabarnya. Nggak ada kesan yang ditimbulkan.Artikel Tak Terlupakan

Supaya artikel mudah diingat, nggak perlu pakai guna-guna ilmu Jaran Goyang. Anda hanya perlu satu trik alami, yaitu menyentuh sisi emosional pembaca. Tulisan hendaknya dibuat khusus untuk dibaca manusia, bukan sekedar faktor optimasi mesin pencari. Beberapa karakter tulisan yang bisa ditampilkan adalah sebagai berikut.

  1. Tulisan Kontroversi.

Sesuatu yang bombastis dan mengundang pro dan kontra selalu menarik diikuti. Hal ini berlaku tidak hanya untuk portal berita saja, Anda pun bisa mempraktekkan dalam artikel blog. Tapi… ada tapinya nih. Anda harus siap menghadapi akibat yang bisa ditimbulkan, plus tahan banting terhadap hujatan pembaca. Efek positifnya adalah limpahan traffic dan komentar pembaca. Efek negatifnya paling-paling dicap sebagai blogger abal-abal yang suka cari sensasi demi popularitas.

  1. Artikel Kejutan.

Surprise…! Pagi-pagi bukan email dapat newsletter feedburner yang menampilkan blog Anda mendapat review gratis dari kawan blogger. Pasti gembira bukan kepalang, apalagi bila Anda blogger pemula yang butuh ‘nama’. Ini hal langka dan nggak bisa berulang tiap hari. Mana ada orang bersedia secara suka rela membuat review kalau bukan benar-benar mengpresiasi blog Anda. Makanya, jangan ragu subscribe artikel blog ini di kolom Feedburner. Mungkin saja besok pagi giliran blog Anda yang saya review.

  1. Menggunakan Analogi Populer.

Analogi seringkali lebih mampu menterjemahkan pikiran daripada bahasa intelek yang terkesan eksklusif untuk kalangan tertentu. Apalagi kalau analog tersebut sudah populer di masyarakat. Misalnya: kata keong racun. Pembaca akan cepat tanggap terhadap maksud tulisan. Oh, blogger keong racun itu yang gini lho… Dia minta kunjungan balik pada blogwalking pertama. Yang lebih ekstrem lagi, baru kenal langsung ngajak tukar link. Dan sebagainya.

  1. Menyelipkan Sense of Humor.

Artikel berkesan tidak selalu identik dengan pembahasan berat. Ada kalanya pembaca justru mengingat jokes, lelucon dan plesetan yang muncul di tengah kalimat. Tokoh Bejo Paijo dengan bisnis Tuyul Online-nya adalah salah satu yang saya ingat. Meski bukan ‘humor resmi’ namun moment arisan berantai backlink tersebut meninggalkan kesan tersendiri. Kualitas tulisan sih nggak bagus-bagus amat, malahan agak kacau. Tapi paling tidak unsur hiburannya sudah dapat. Dan itu yang saya cari waktu itu.

  1. Cuplikan Quotes Tokoh Terkenal.

Ada banyak tokoh terkenal yang tiap hari menuliskan quotes keren dalam timeline mereka. Misalkan TDW, Andrie Wongso, Mario Teguh dan #ASWords. Anda bisa mencuplik sebagian pemikiran mereka untuk dikembangkan menjadi artikel baru. Ini adalah cara murah meriah menggali ide. Keuntungannya, pembaca jarang meragukan kebenarannya, lha sumbernya aja dari public figure berkompeten di bidangnya. Kalau mau protes ya silakan protes ke sumber quotes. Begitu logikanya.

Bagaimana, you wanna try?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *